Program Studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia 
Telkom University

foto diambil oleh penulis.

            Hai, nama penaku adalah Anye. Aku seorang mahasiswi dari sebuah salah satu Universitas swasta ternama di kabupaten Bandung, yaitu Telkom University. Aku saat ini sedang menempuh semester 3 di program studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia, Fakultas Ilmu Terapan. Mungkin jenjang pendidikan D4 masih terasa cukup asing di telinga, karena kita lebih sering mendengar D2, D3, S1 dan yang lain sebagainya. Tapi kalian tau gak, kalo D4 itu setara dengan S1. Sama-sama menempuh pendidikan selama 4 tahun dan 144 SKS, namun banyak SKS akan menyesuaikan tergantung program studi yang kamu ambil. Hanya saja gelar D4 adalah S.Tr atau Sarjana Terapan, sedangkan S1 adalah Sarjana.

            Sebelum aku membahas tentang program studiku, aku ingin menjelaskan lagi tentang perbedaan D4 dan S1 sejauh yang aku ketahui. Jadi, untuk D4 sendiri termasuk dalam pendidikan vokasi, sedangkan S1 adalah pendidikan akademik. Nah, pendidikan vokasi itu apa sih? Dan apa bedanya dengan pendidikan akademik? Pendidikan vokasi akan memberikan pembelajaran berupa 60% praktik dan 40% teori. Sedangkan pendidikan akademik akan memberikan pembelajaran sebaliknya dari vokasi, yaitu 60% teori dan 40% praktik. Ada lagi yang membedakan vokasi dan akademik adalah mahasiswa vokasi lebih ditujukan untuk siap kerja, sehingga lebih sering turun ke lapangan. Sedangkan mahasiswa akademik lebih diajarkan untuk bisa menganalisa, meneliti, dan meriset sesuatu, sehingga cocok untuk menjadi peneliti. Untuk lebih lengkapnya kalian harus masuk D4 Teknologi Rekayasa Multimedia dulu di Telkom University, supaya lebih tau dan paham serunya jadi anak vokasi.

            Aku ingin memberi tau tentang program studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia sesuai pengalaman aku selama 3 semester ini. Awalnya, aku gak tau kalau ada prodi ini di Telkom University. Karena waktu itu, aku daftar di jurusan lain. Tapi, rejeki membawaku untuk masuk prodi ini. Jadi, aku bener bener gatau saat itu tentang D4, Teknologi Rekayasa Multimedia, dan semua yang berhubungan sama prodi ini. Aku sempet takut kalau aku akan merasa salah jurusan karena aku gak tau-menau tentang prodi ini. Karena aku memang ada minat di bidang desain grafis, aku merasa kalo aku akan suka dengan program studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia ini. Setelah aku mengikuti semua orientasi pengenalan tentang program studi ini, aku menyadari bahwa aku tersesat di jalan yang benar.

            Program studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia di Telkom University dikenal juga dengan nama D4 Digital Creative Multimedia (D4 DCM) atau D4 TRM atau S1 Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia. Sebelum menggunakan nama D4 Teknologi Rekayasa Multimedia ini, D4 TRM menggunakan nama D4 Sistem Multimedia. Program studi ini sudah terakreditasi Unggul loh. Dilansir dari web dsm.telkomuniversity.ac.id, D4 Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki misi yaitu; menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang teknologi multimedia interaktif untuk tingkat nasional dan internasional, mengembangkan penelitian yang berkaitan dengan pengembangan teknologi, perangkat dan konten multimedia untuk lingkup nasional dan internasional, menyelenggarakan kegiatan dan kerjasama dengan masyarakat serta sunia industri, sebagai wujud pengabdian masyarakat. Adapun juga D4 Teknologi Rekayasa Multimedia memiliki banyak jalur lulus. Bisa melalui jalur Engineering, Magang 2 semester, Entrepreneurship atau wirausaha, Start-Up, Publikasi Karya Ilmiah, dan jalur MBKM. Kalian bisa memilih salah satu dari banyaknya jalur tersebut jika tidak ingin melalui jalur skripsi/tugas akhir (TA).

            Program studi D4 Teknologi Rekayasa Multimedia ini berfokus pada pemrograman dan desain grafis. Jika dilihat sesuai perkembangan jaman, dua hal itu amat sangat akan dibutuhkan di masa sekarang hingga mendatang. Kalian pasti tidak asing dengan pekerjaan UI/UX Design? Lulusan dari program studi ini bisa loh menjadi seorang UI/UX Designer! Pada program studi ini kita juga akan mempelajari tentang database. Jika kalian mahir dan mendalami perihal database, kalian bisa menjadi seorang Data Analyst atau Data Scientist. Kalian bisa mencari tentang gaji dari pekerjaan-pekerjaan itu di internet, sangat menggiurkan loh. Dan masih banyak lagi pekerjaan yang bisa menjadi tujuan kalian setelah lulus dari prodi ini, dari seorang Designer Graphic, Video Editor, Game Maker, juga yang lainnya. Ayo kepoin lebih jauh tentang D4 TRM Teknologi Rekayasa Multimedia, bisa cek instagram-nya TRM loh di @s1trm.fit. Aku tunggu kehadiran kamu pejuang sukses di D4 Teknologi Rekayasa Multimedia ya!

Komentar